KASIAT SIHITAM MANIS KURMA AJWA


Di bulan Ramadhan kurma memang paling banyak diminati. Mulai dari yang murah hingga yang paling mahal yaitu kurma Ajwa alias kurma Nabi. Bentuknya yang mungil, cenderung bulat dengan warna kehitaman sangat memikat. Lalu apa yang membuat kurma ini demikian istimewa?



Kurma atau Phoenix Dactylifera merupakan pohon yang mirip seperti palem. Pohon kurma berasal dari negeri Arab yang kemudian tumbuh pula di Afrika, Eropa Selatan, Asia Barat Daya bahkan hingga Amerika. Pohon kurma termasuk pendek karena tingginya tak mencapai 20 meter. Dulu kurma merupakan makanan pokok masyarakat yang tinggal di gurun pasir.


Ditilik dari jenisnya di dunia ada lebih dari 400 jenis kurma. Dimana dari kesemua jenis kurma tersebut berbeda alias memiliki ciri khas tersendiri. Sebut saja kurma sokari yang kulitnya berwarna cokelat agak muda dengan bentuk agak kecil, atau Majhool yang bentuknya sedikit lonjong dengan warna cokelat muda dan sedikit tua pada ujungnya.


Sedangkan kurma Ajwa disebut sebagai kurma Nabi atau Kurma Rasulullah. Mengapa disebut kurma Nabi? Sebab konon menurut asal-muasalnya kurma Ajwa ditanam sendiri oleh Nabi Muhammad SAW di kota Madinah sekitar 14 abad yang lampau. Hingga kini pohon kurma Ajwa di Madinah jumlahnya tak banyak yaitu hanya sekitar ratusan. Nah, jadi tak heran jika harganya pun selangit.


Selain itu kurma Ajwa juga sangat istimewa terutama bagi kaum Muslim. Nabi Muhammad SAW sendiri sangat menggemari makan kurma Ajwa dan menganjurkannya untuk sunnah memakan 7 buah kurma Ajwa di pagi hari dan saat berbuka puasa. Seperti yang juga dijelaskan dalam hadits riwayat Shahih Al-Bukhari bahwa barang siapa yang makan pagi dengan tujuh butir kurma Ajwa, maka tak akan mencelakainya racun dan sihir dihari itu.


Buah kurma sebagaimana diketahui memang mempunyai ciri khas dan khasiat tertentu. Ciri khas kurma Ajwa berbentuk mungil, berwarna hitam dan cenderung bulat. Rasanya tidak terlalu mengigit seperti jenis kurma lainnya, selain itu dagingnya tebal dan agak kering.


Seperti yang diterangkan pada hadits kurma Ajwa bisa menangkal racun dan juga menangkal jin dan sihir. Sedangkan dari segi medis kurma memiliki banyak sekali khasiat yang baik bagi kesehatan, karena memiliki kandungan vitamin A, kalsium, dan besi yang tinggi. Saat berbuka puasa tubuh memerlukan karbohidrat dan gula (glucose ). Pada kurma selain rasa manis juga mengandung karbohidrat yang mudah dicerna tubuh. Oleh karena itu kurma sangat dianjurkan dimakan saat berbuka puasa agar kondisi tubuh menjadi cepat pulih atau segar.


Di negara asalnya kurma Ajwa sendiri harganya masih cukup mahal yaitu sekitar 60 riyal sampai 80 riyal/kg. Sedangkan di Indonesia harganya mencapai sekitar Rp 750.000/kg. Kini kurma Ajwa juga dibuat menjadi produk olahan seperti sari madu kurma dan minuman. Tak perlu jauh-jauh ke Arab sana karena kurma Ajwa bisa dengan mudah ditemui di sini.

14 komentar:

Halaman Samping-nya Inung Gunarba mengatakan...

ikatan sejarah dan khasiat memang berbanding lurus dengan harganya ya qe3 jadi makin inget kalo minggu-minggu ini menjelang bulan puasa :) trims sobat Jamal :)

AkuInginPulangDiKalaSenja mengatakan...

Postingannya pas banget saat menjelang Ramadhan yang sudah di depan mata... :)

Puguh Prasetyo mengatakan...

kurma itu buah ajaib dg berbagai khasiat, makasih ya buat informasinya,,,

Jamal mengatakan...

@ Inung: Untuk sebuah ikatan pershabatan Bloger pasti tidak akan pernah bisa dihargai lagi, selamat menyambut bulan Romadhon
@ Aku Ingin pulang : semoga ini Bermanfaat
@ Puguh : Makasih kembali, dan to semua Mohon maaf lahir batin

lampungphoto mengatakan...

Terimakasih informasinnya, saya juga sendang mencoba kurma ini. di lampung harga 350ribu/kg

art mengatakan...

kepingin rasanya bisa mencicipi kurma ajwa..subhanallah pasti enak banget rasanya..tapi mahalnya..

Jamal mengatakan...

Lampung Photo: Di Surabaya harga juga segituan

Jamal mengatakan...

Lampung Photo: Di Surabaya harga juga segituan

Jamal mengatakan...

Art : Itulah keistimewaan kurma Ajwa salah satunya ya di harganya yg mahal, itu kurma karena awalnya berasal dari biji kurma yg sudah direbus selama 2 hari 2 malam oleh kaum Kuraisy dan diberikan Rosulullah muhammad dalam rangka mempermalukan Rosulullah (Dalam sebuah perjanjian), tapi Allah maha Tau dan Maha segalanya, biar biji sudah direbus juga Allah kalau berkehendak pasti juga terjadi, dan kurma itu tumbuh jadi kurma paling istimewa dimuka bumi ini.

intanps mengatakan...

posting yang bagus, dapat menambah wawasan saya. kalo ada waktu mampir yuk ke blog saya
http://hoshikanoshi.blog.stisitelkom.ac.id/
ditunggu ya ^^

Anonim mengatakan...

Sobat
Mw tnya lw didaerah jabotabek
Harga kurma ajwa berapa yah
Mungkn adaa yank tw
Maksh infonya.






Toko kurma ajwa asli mengatakan...

Memang masya Allah khasiat buah ini. terutama kurma ajwanya.

Aji Wibowo mengatakan...

Thanks.. Info yg bermanfaat

Ramadlan Besaba mengatakan...

saya butuh lafadh arab hadits yg menjelaskan kurma ajwa. apa ada yg punya?

Posting Komentar

Tinggalkan sepatah dua patah kata untuk sarana meneliti tulisanku, kritik, saran ataupun cemoohan juga boleh

JALAN WALI ALLAH © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute